Peresmian IPAL Kumunal Di Pelemsewu

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bantul Drs Tri Saktiana, M.Si mewakili Bupati Bantul telah meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah Kumunal (IPAL Kumunal) di Dusun Pelem Sewu Rt 03 Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul (10/06).

Acara ini sebagai bagian rangkaian acara Peresmian Kegiatan-kegiatan Pembangunan Dalam Rangka Hari Jadi Ke-184 Kabupaten Bantul. Hadir dalam kegiatan adalah Komadan Kodim 0729/Bantul Letkol Kav. Tumadi, S.Sos, Ketua Pengerak PKK Kabupaten Bantul Hj Sumarno, SKPD Kabupaten Bantul, Kepala Dinas Pendidikan Menegah dan Non Formal Kabupaten Bantul Drs. Masharun ,MM, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul Ir Heru Suhadi, MT, Camat Sewon Kwintarto Heru Prabowo,S.Sos, Kapolsek Sewon dalam hal ini diwakili oleh Kanit Lantas Polsek Sewon AKP Amir Mahmud, Muspika Kecamatan Sewon, Lurah Desa Panggungharjo, Dukuh dan Pamong se-Desa Panggungharjo dan tokoh masyarakat serta pemuda Dusun Pelemsewu.

Dalam laporanya Ketua Pelaksana BKM Desa Panggungharjo, Budi Haryono menyampaikan,”penjelasanya tentang pembuatan IPAL Kumunal di Dusun Pelemsewu. Menurut Budi Haryono, proyek ini dimulai dari tanggal 25 Agustus 2014 dan selesai pada tanggal 5 Desember 2014 dengan dana bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bantul sebesar Rp. 350.000.000, 00, OPKPP Rp.6.000.000,00, dan Swadaya Masyarakat Rp. 8.000.000,00 dan dalam pengerjaannya dilaksanakan secara bergotong royong.”

Sementara Itu Kepala Bappeda Kabupaten Bantul Drs Tri Saktiana, M.Si yang mewakili Bupati Bantul dalam sambutannya,”apresiasi kepada masyarakat Dusun Pelemsewu yang telah berpartisipasi dalam program-program Pemerintah Kabupaten Bantul, terbukti Desa Panggungharjo sekarang telah menjadi ikon dan kebanggaan Kabupaten Bantul setelah berthasil menjadi juara satu Lomba Desa Tingkat Nasional.”

Selesai memberikan sambutan, Drs Tri Saktiana, M.Si menerima proposal dari Ketua Pelaksana BKM Budi Haryono tentang pengajuan dana untuk pengecoran jalan di Dusun Pelemsewu yang rusak akibat pemasangan pipa IPAL Kumunal dari rumah-rumah warga menuju selter IPAL Kumunal.

Acara kemudian dilanjutkan peresmian IPAL Kumunal yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Drs Tri Saktiana, M.Si. Dalam kesempatan ini, Drs Tri Saktiana, M.Si juga menyerahkan secara simbolis gerobak sampah dari Pemerintah Kabupaten Bantul yang di terima oleh Bapak Pailan, perwakilan masyarakat Dusun Pelemsewu.

sumber :

https://bantulkab.go.id/berita/2385.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *