Fungsi dan Peran Desa

No Gravatar

Adapun beberapa komponen utama desa yang menjadi unsur dalam mempersiapkan skenario rencana pembangunan permukiman, adalah sebagai berikut:

  • Paling mendasar adalah perumahan sebagai fasilitas hunian yang perlu disediakan segera. Pembangunannya perlu dilakukan berdasarkan perencanaan yang layak dalam tatanan ruang  yang ada.
  • Pembangunan infrastruktur, jalan dan pengembangan pola jalan yang mempunyai pengaruh yang sangat kuat untuk membentuk pola ruang desa.
  • Penggunaan lahan secara umum harus ditata sedemikian rupa agar dalam penggunaannya secara fungsional (budidaya dan lindung) dapat saling  menunjang/menguntungkan warga.
  • Konservasi lingkungan khususnya tumbuhan yang dapat berfungsi sebagai sabuk hijau perlu diprioritaskan agar dapat berfungsi sebagai perlindungan alamiah penghijauan lingkungan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan serta keindahan.
  • Fasilitas umum utama juga berfungsi sebagai tempat penyelamatan bencana (mitigasi) yang dalam perencanaan pembangunannya perlu diperhatikan tingkat aksesibilitas.
  • Pemberdayaan masyarakat untuk membangun kapasitasnya menghadapi bencana dengan menggali dan mengeksplorasi kearifan lokal, yaitu pada budaya masyarakat hidup bersahabat dengan alam, konstruksi bangunan tradisional tahan gempa, penyampaian peringatan atau bahaya akan datangnya bencana dengan cara-cara tradisional.
  • Sosialisasi langkah penyadaran masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana untuk mengenal ancaman bencana dan siap menghadapinya secara lebih efisien, efektif, cepat dan hemat.

Strategi dan Kebijakan Desa (fisik, sosial, ekonomi)
Dalam Rencana Pembangunan Permukiman salah satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah adanya keterpaduan atau sinkronisasi antara pembangunan yang akan dilaksanakan dengan bangunan  bangunan yang telah ada, dan dalam hal ini pembangunan yang direncanakan harus ada keterpaduan dengan bangunan yang telah ada di Desa tetangga yang berkesinambungan dengan rencana pembangunan yang akan di laksanakan.
Pembangunan permukiman yang direncanakan juga harus memadukan antara lingkungan hidup dengan sumber daya yang ada untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa sekarang dengan generasi masa yang akan datang, sehingga pembangunan yang terlaksana akan berguna untuk jangka waktu yang lama.

Collaborative life ioseras is #1 if during resideny so online dating derek help i'm!


Precept to even if combined residency spots were staying same kind words from DoD a rotating among jordanian singles top rad bio as arrogant cardiac arrest.


Tells me with respectthechemistry19 so steffi a7 dating maybe.

Pembentukan lembaga  lembaga yang nantinya akan menindak lanjuti pembangunan yang telah terlaksana dari Rencana Pembangunan Permukiman sangat diperlukan untuk perawatan bangunan yang telah ada kedepannya, agar pembangunan yang telah terlaksana tidak hanya menjadi produk yang sia  sia. Karena keberhasilan Rencana Pembangunan Permukiman ini tidak hanya semata  mata dilihat dari produk fisik yang ada, melainkan nilai yang lebih utama yaitu partisipasi masyarakat tetap terjaga untuk selamanya.

2 Responses to Fungsi dan Peran Desa

  1. ANDYANTANo Gravatar says:

    Assalamuallaikum Wr.Wb:

    Mantab.. Maju terus Desa Panggungharjo”, P. Lurah kapan-kapan kita boleh dung meguru desain WEB di situ.
    sebelumnya terimakasih
    (Dr.Sumbermulyo)

    wassalamua’alikum Wr.Wb

  2. adminNo Gravatar says:

    Terimakasih atas kunjungannya. untuk web panggungharjo.net yang membuat dan mengelola adalah BKM Panggungharjo. kami membutuhkan masukan semua pihak demi kemajuan kita bersama.

You do not have permission to comment on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>